DKP Gelar Desiminasi dengan Tim Peneliti UNG

Hulondalo0 Dilihat

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo menerima kunjungan Tim Desiminasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bertempat di ruang rapat DKP Provinsi Gorontalo, selasa (28/11/2023).

Kegiatan desiminasi Hasil Penelitian yang berjudul Dampak Bantuan Kapal Nelayan Terhadap Nelayan Kawasan Teluk Tomini (Studi Kasus Provinsi Gorontalo) oleh tim peneliti yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa ini diketuai oleh mantan Kepala DKP Prof. Dr. Fachrudin Zain Olilingo, SE.,M.Si, turut hadir Kepala DKP Sila Botutihe, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Pejabat Fungsional dan jajaran staf dibidang Perikanan Tangkap.

Dalam sambutannya Sila Botutihe menyambut baik atas kedatangan tim peneliti UNG yang telah melakukan penelitian tentang Dampak Bantuan Kapal Nelayan Terhadap Nelayan Kawasan Teluk Tomini (Studi Kasus Provinsi Gorontalo).

“Saya sangat mengapresiasi hasil penelitian ini dan berharap hasilnya bisa menjadi rujukan kepemerintah Provinsi, mengingat DKP salah satu OPD yang berkontribusi untuk menekan kemiskinan, stunting dan inflasi Daerah” Ucap Sila.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti ini bertujuan untuk mengetahui dampak ekonomi, sosial dan kelembagaan bantuan kapal nelayan di Kawasan Teluk Tomini dan untuk mengidentifikasi faktor pendorong dan pengungkit keberhasilan bantuan kapal nelayan Kawasan di Teluk Tomini.

Dari hasil pemaparan yang dilakukan oleh tim peneliti didapatkan kesimpulan bahwa Aspek kelembagaan mempunyai tingkat keberlanjutan yang paling besar. Sedangkan untuk faktor pengungkit terdapat pada indikator pembinaan dari dinas terkait, dan Pembinaan dalam program bantuan kapal nelayan yang dilaksanakan pemerintah harus terus ditingkatkan dan menjadi prioritas untuk meningkatkan keberhasilan program kapal bantuan melalui penguatan pada atribut kelembagaan keuangan mikro, lembaga sosial, lembaga penyuluh, penguatan kelompok pengawas dan kelompok nelayan.

Dalam diskusi yang dilakukan pasca pemaparan, Sila meminta agar dalam penyusunan laporan hasil penelitian ini peneliti memperhatikan beberapa faktor yakni berupa dasar regulasi tentang penangkapan ikan, memperhatikan kewenangan pusat dan daerah, dan wilayah penangkapan ikan yang menjadi tujuan para nelayan.

“Harapannya hasil desiminasi penelitian ini dapat memberikan gambaran secara umum tentang dampak pemberian bantuan kapal nelayan di Provinsi Gorontalo”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *