Hamim Pou : Kontribusi Pemerintah, Swasta, Dunia Usaha, Organisasi Kepemudaan Penting Untuk Tekan Angka Stunting di Daerah

Gorontalo – ligo.id – Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo, di Puri Manggis Ballroom Hotel Aston, Rabu (15/02/2023).

Hamim mengatakan untuk penanganan stunting di Kabupaten Bone Bolango masih berada pada kisaran 22 persen, serta angka kemiskinan yang masih tinggi.

“Pemerintah daerah terus berupaya untuk menekan stunting di daerah, dan hal itu harus dibarengi dengan dukungan masyarakat” ujar Hamim.

Hamim juga mengingatkan masyarakat untuk memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, terlebih bagi masyarakat yang perokok.

“Bone Bolango ini salah satu tantangannya mengingatkan masyarakat berhenti merokok, karena dengan mengurangi konsumsi merokok akan mengurangi masalah stunting” ungkapnya.

Bupati Hamim juga menargetkan untuk akhir tahun 2023 presentase angka stunting di Bone Bolango turun dari angka 22 persen menjadi 10 persen.

“Stunting itu harus dikeroyok bersama, jadi tidak boleh dikerjakan sendiri, seperti hal-hal terhadap jaminan penyediaan makanan bergizi, susu dan makanan bergizi tiap hari, kalau perlu tiap hari itu ada kantin pencegah stunting di tiap desa” tegasnya.

Hamim mengharapkan agar setiap desa mengalokasikan Dana Desa untuk kegiatan pencegahan penanggulangan stunting, yang kemudian dikolaborasikan dengan swasta, perguruan tinggi, dunia usaha, PKK, Dinas Kesehatan, serta organisasi keagamaan.

“Insya Allah terobosan ke depan seperti saya bilang tadi dikeroyok bersama-sama kualitas sektor tidak boleh hanya pemerintah daerah, provinsi juga terlibat, swasta, dunia usaha dan organisasi kepemudaan” tandasnya. #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *