Marten Taha Ajak Masyarakat Kota Gorontalo Untuk Jalan Kaki Demi Kesehatan

Gorontalo – ligo.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo turut serta memeriahkan momentum penyelenggaraan World Walking Day tingkat Kota Gorontalo, yang dipusatkan dikawasan Kuliner Jalan Kalimadu, Kecamatan Kota Tengah, dan di delapan Kecamatan lain secara serentak.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengatakan The Association For International Sport For All (TAFISA) meluncurkan gerakan World Walking Day, yaitu gerakan yang mengajak semua orang berjalan kaki.

Pada tahun 2022 World Walking Day diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober, serentak di seluruh Dunia.

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk menggalakkan kembali budaya jalan kaki demi kesehatan, juga untuk penurunan emisi gas karbon. Mari sempatkan berjalan kaki, sayangi diri, sayangi bumi” pinta Marten. Minggu (2/10/2022)

Marten membeberkan tentang hasil penelitian dari Universitas Stanford pada 2017, terhadap 717.000 orang dari 111 Negara, termasuk Indonesia mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan Negara paling malas jalan kaki dengan rata-rata hanya 3.513 langkah setiap hari.

Jumlah rata-rata jalan kaki di Indonesia tergolong lebih rendah daripada rekomendasi global World Health Organization atau WHO, yaitu setidaknya 5.000 langkah setiap hari.

“Dan itu semua tentu dipengaruhi faktor eksternal dan faktor internal yakni rendahnya pejalan kaki karena rasa malas” Ungkap Marten.

Rendahnya grafik pejalan kaki di Indonesia linier dengan jumlah penderita obesitas. Indonesia berada pada peringkat 17 dalam daftar penduduk obesitas.

Berdasarkan data Kemenkes RI, satu dari tiga orang dewasa Indonesia mengalami obesitas, dan satu dari lima anak berusia 5 hingga 12 tahun mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Menurut riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi obesitas dikalangan orang dewasa indonesia meningkat hampir dua kali lipat dalam sepuluh tahun dari 19,1% pada tahun 2007 menjadi 35,4 % pada tahun 2018.

“Olehnya sekali lagi saya selaku Walikota Gorontalo menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Gorontalo untuk rajin olahraga terutama jalan kaki setidaknya 5.000 langkah setiap harinya” tutup Marten Taha. #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *