Merlan Uloli : Canangkan Kecamatan Botupingge Jadi Kecamatan Bersih Dari Narkoba

Bonebol, Hulondalo0 Dilihat

Gorontalo – Kecamatan Botupingge resmi dicanangkan sebagai Kecamatan Bersih Narkoba (Bersinar) setelah seluruh desa di wilayah itu berkomitmen mendukung program nasional, yakni pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika (P4GN) di Kabupaten Bone Bolango, khususnya di wilayah kecamatan tersebut.

Pencanangan Botupingge menjadi Kecamatan Bersinar dilakukan oleh Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli yang diawali dengan jalan sehat bersama yang mengambil start dari Desa Tanah Putih dan finish di Desa Luwohu, Kecamatan Botupingge, Sabtu (29/7/2023).

“Selaku Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dengan memohon ridha Allah SWT, mencanangkan Kecamatan Botupingge sebagai Kecamatan Bersinar,”ucapnya

Kepada instansi pemerintahan, aparat, para pemuka masyarakat dan segenap warga desa se-Kecamatan Botupingge, Wabup Merlan mengucapkan selamat dan sukses dalam menjalankan program pemerintah yang baik ini.

“Semoga semua sesuai dengan apa yang kita harap dan cita-citakan, yaitu Bone Bolango Maju Cemerlang dan bersih dari narkoba (Bersinar),”ujar Wabup Merlan.

Di tempat yang sama, Merlan menegaskan bahwa Kecamatan Bersinar dan juga Desa Bersinar tidak boleh hanya dianggap sebagai label seremonial belaka, melainkan juga wajib kita implementasikan secara kongkret.

Menurutnya, dalam Desa Bersinar dan Kecamatan Bersinar wajib diwujudkan sejumlah program turunan, yaitu regulasi P4GN di tingkat pemerintah desa dan kecamatan, pembentukan satuan tugas/relawan anti narkoba, deteksi dini secara mandiri melalui tes urine secara berkala.

“Selain itu, sosialisasi anti narkoba secara berkala, pembentukan kelompok intervensi berbasis masyarakat, fasilitasi agen pemulihan, dan pembentukan jejaring komunikasi dan informasi keamanan dan ketertiban wilayah terkait peredaran gelap narkotika,”sebut Merlan Uloli.

Merlan Uloli : Canangkan Kecamatan Botupingge Jadi Kecamatan Bersih Dari Narkoba

Sebelumnya, Camat Botupingge Fangky Jaudi Tanango mengatakan seluruh pemerintah desa se Kecamatan Botupingge bersama unsur Puskesmas, dan Polsek setempat, sudah berkomitmen untuk melakukan program P4GN yang semula sudah digagas dari Desa Luwohu yang kemudian diikuti oleh delapan desa lainnya yang ada di wilayah tersebut.

“Kami berkomitmen untuk membangun masyarakat yang bebas narkoba. Kita sepakat untuk menjadikan Botupingge bahkan Bone Bolango akan terbebas dari narkoba. Sehingga sembilan kepala desa dan unsur terkait di Botupingge kita berkomitmen untuk melakukan pencanangan Kecamatan Bersinar,”pungkas mantan Lurah Tumbihe itu. #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *