Penjagub Gorontalo Galakkan GNPIP untuk Kendalikan Inflasi

Gorontalo – ligo.id – Program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) diikuti Penjabat Gubernur Gorontalo didampingi perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Gorontalo Dian Nugraha, dengan panen rica dan tomat, hingga tanam bawang, di desa Buhu, kecamatan Telaga Jaya, kabupaten Gorontalo, Jumat (17/3/2023).

Binaan BI Gorontalo, kelompok tani Angkasa Jaya budidayakan bawang merah, rica, tomat dan sorgum di lahan seluas tiga hektar.

Penanaman dilakukan secara organik tanpa pestisida sehingga kualitasnya terjaga baik.

Aksi tanam panen “barito” ini, menurut Hamka sangat penting untuk digalakkan pada seluruh masyarakat.

Dimana sejak tahun lalu, Pemprov telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Batanam Rica Sandiri (Germas Batari) untuk merangsang minat tanam rica, hingga diharapkan bisa tekan inflasi.

“Kita menyarankan setiap masyarakat, instansi pemerintah, perguruan tinggi untuk menanam rica. Jangan sampai inflasi terkontrol kita berhenti menanam. Permintaan rica Gorontalo ini sangat tinggi sekali. Di samping untuk dijual juga harus ada persediaan konsumsi sendiri” kata Hamka.

Apresiasi diberikan Hamka kepada semua pihak yang telah mendukung program GNPIP dan Germas BATARI.

Khususnya kepada pihak BI perwakilan Gorontali yang telah mendampingi dan membina sejumlah kelompok tani untuk berkembang.

“Saya kira peran BI sangat signifikan. Sebentar lagi kita juga akan menggelar High Level Meeting untuk membahas aksi menekan inflasi. Apalagi dalam waktu dekat sudah memasuki bulan suci Ramadan” imbuhnya.

Hamka juga menyebut pelaksanaan operasi pasar dan pasar murah untuk diintesifkan lagi. #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *