Reses di Ipilo, AW Thalib Jawab Soal Kendala DTKS di Bansos UMKM

Reses di Kelurahan Ipilo, Politikus PPP AW Thalib janjikan realisasi bantuan UMKM bagi konstituennya. Kamis (02/11/2023).

Soal DTKS yang menjadi dasar pemberian bantuan menurutnya tidak menjadi masalah karena sangat mudah.

“Peminat bantuan UMKM di Gorontalo cukup tinggi. Ia mencatat ada sekitar 16 ribu permohonan UMKM pada tahun 2023,” ucap AW Thalib.

“Sedangkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) masih terbilang sedikit lantaran persyaratan harus masuk dalam DTKS,” tambahnya.

Kata dia, bantuan UMKM tidak perlu DTKS. Yang penting ada usaha dan cukup Surat Keterangan Usaha (SKU) yang diurus di kelurahan dan akan ada proses verifikasi dari OPD.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo itu menjelaskan bahwa bantuan UMKM yang baru dimohonkan dalam waktu dekat ini dipastikan akan terealisasi tahun 2024 mendatang. Pasalnya selain telah menerima aspirasi serupa lebih dari 1.000 orang, bantuan itu sudah hampir tahap pencairan.

“Jangan khawatir masih ada tahap berikutnya dan itu di tahun 2024 karena di 2023 ini sudah selesai. Tahun depan bisa kita kejar di APBD Perubahan, kalau pun tidak tidak bisa maka saya pastikan akan tercover tahun 2025 melalui APBD Induk,” tegas AW Thalib.

Dirinya bahkan meyakini pemerintah kelurahan siap membantu warga yang ingin mengurus SKU secara gratis tanpa ada pungutan apapun untuk mendapatkan program UMKM. Karena pemerintah kelurahan tahu persis kondisi dan realita usaha warga.

“Berikutnya untuk warga Ipilo akan saya catat dan perjuangkan agar bisa masuk di tahun 2024,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *